12.10.10

Kerajinan khas Karimunjawa

Cinderamata khas karimunjawa berupa tongkat,tasbih,keris dan barang kerajinan lain yang dibuat dari kayu Dewandaru,setigi dan Kalimasada.

 
LEGENDA
1. KAYU DEWANDARU
Konon tongkat sunan Nyamplungan yang ditancapkan kedalam tanah dan ajaiblah tongkat tersebut dapat tumbuh hidup layak seperti tumbuhan lain,hingga saat ini pohon ini dikenal dengan sebutan Dewadaru.Tumbuhan langka ini berkhasiat untuk obat orang sakit dengan cara kayu tersebut dimasukkan kedalam air kemudian dimintakan doa kepada tuhan lalu airnya diminum.

2. KAYU SEGITIGI
Kayu segitiga dapat tenggelam sampai dasar laut yang paling bawah bila dimasukkan air dan dapat pula menyerap bisa/racun binatang.konon kayu segitiga ini digunakan sunan nyamplungan untuk memukul ular edor yang menggigitnya pada saat mengadakan perjalanan dihutan sehingga sunan Nyamplungan menjadi marah dan bersabda,akhirnya ular edor menjadi rabun.

3. KAYU KALIMASADA
Kayu ini dapat digunakan untuk menghalau roh-roh halus yang jahat dan biasanya kayu ini oleh orang pintar sering diisikan pula mantra sesuai dengan keinginan.
1. Tasbih
tasbih dewadaru[TIC Jepara]
2. Keris


3. Tongkat
4. Tongkat Komando

5. Pengisap Rokok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORDER

Name *
Email *
Subject *
Message *
Powered byEMF HTML Form
Report Abuse